Headlines News :
Home » » Upacara Adat Rebo Bontong

Upacara Adat Rebo Bontong

Written By Unknown on Oct 3, 2011 | Monday, October 03, 2011

Upacara adat Rebo Bontong sebagai tradisi yang dirayakan rutin setiap tahun oleh masyarakat Pringgabaya Lombok Timur yang biasanya diselenggarakan pada Rabu terakhir bulan Shafar. Upacara adat yang selalu menarik perhatian penduduk sekitar dan banyak pengunjung dari luar wilayah ini yang turut hadir meramaikannya.

Berbagai kegiatan digelar menjelang acara puncak perayaan. Semua kegiatan dipusatkan di Pantai Ketapang Pringgabaya, sekitar 3 km dari pasar Pringgabaya.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Rebo Bontong, Judan Putrabaya, SH, kegiatan mulai dilaksanakan sejak minggu malam 30 Januari 2011, dengan menggelar berbagai hiburan rakyat seperti pentas seni, perlombaan dan berbagai kegiatan lainnya yang turut memeriahkan pesta tahunan rakyat Pringgabaya ini.

Pada malam kedua, diadakan 3 hiburan sekaligus yang mengundang perhatian banyak penonton, yaitu pemutaran film layar tancap, pentas kesenian Cupak Gerantang dan cilokak Prima Band.

Pada siang keesokan harinya diadakan berbagai kegiatan, misalnya pacuan kuda pinggir pantai yang diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai kabupaten di pulau Lombok. Acara ini menjadi sangat menarik dan merupakan acara rutin menjelang acara puncak.

Sekitar 40 ekor kuda diikutkan dalam lomba pacuan ini. Selain untuk berlatih ketangkasan dan kecepatan, juga ajang ini sebagai promosi dan ajang jual beli kuda pacuan. Acara ini sangat menarik, karena pacuan kud pinggir pantai Ketapang merupakan satu-satunya di NTB yang dilaksanakan di Ketapang, Pringgabaya.

Acara puncak dilaksanakan pada hari Rabu 2 Februari 2011. Dan malam hari sebelum acara puncak dilaksanakan, digelar pula berbagai hiburan rakyat seperti karaoke, tari kreasi, wayang kulit, parade gendang blek dan pementasan Jumpring Band.

Acara puncak dibuka oleh Bupati Lombok Timur, dan beliau berharap, budaya tradisional ini dilestarikan selain untuk kelestarian seni budaya Sasak, juga sekaligus sebagai ajang promosi budaya Lombok dan NTB pada umumnya. Lebih-lebih saat ini NTB sudah mencanangkan Visit Lombok Sumbawa 2010 yang akan terus dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya. (lal)
Share this article :

0 Komentar:

Total Pageviews

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PORTAL KAMPUNGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template