Headlines News :
Home » » Data dan Fakta Menarik Dari Akhir Kualifikasi Piala Eropa 2012

Data dan Fakta Menarik Dari Akhir Kualifikasi Piala Eropa 2012

Written By Unknown on Oct 19, 2011 | Wednesday, October 19, 2011

Kualifikasi penyisihan grup Piala Eropa 2012 sudah merampungkan seluruh pertandingan penyisihan grup. Jerman, Rusia, Italia, Belanda, Prancis, Yunani, Inggris, Denmark, Spanyol menjadi juara masing-masing grup dan lolos ke putaran final Piala Eropa 2012, bersama Swedia sebagai runner up terbaik.

Sedangkan delapan negara Turki, Republik Irlandia, Estonia, Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Montenegro, Portugal, dan Republik Ceska masih akan bertanding dua leg untuk memperebutkan empat tiket tersisa ke Ukraina-Polandia.

Siapa-siapa yang akan berjibaku di babak playoff akan diundi oleh UEFA pada Kamis (13/10) waktu setempat di Krakow, Polandia.


Pemain-pemain Swedia merayakan kesuksesan lolos ke Piala Eropa 2012 sebagai runner-up terbaik setelah mengalahkan Belanda

Berikut sejumlah fakta dan hal menarik dari laga terakhir penyisihan grup kualifikasi Piala Eropa 2012 yang dirangkum dari berbagai sumber.

Euforia Debutan

Piala Eropa 2012 dipastikan bakal diikuti satu negara debutan, yakni Ukraina sebagai tuan rumah. Ada tiga negara calon debutan lain yang berpeluang lolos, yakni Bosnia-Herzegovina, Montenegro, dan Estonia.

Delapan dari sembilan juara grup kualifikasi adalah mantan juara Eropa. Satu-satunya negara mantan juara Eropa yang gagal menjadi juara grup adalah Republik Ceska.

Kesempurnaan Spanyol dan Jerman

Spanyol menjadi satu-satunya negara yang mencatat rekor sempurna pada dua fase kualifikasi turnamen bergengsi berturut-turut, yakni Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Bila di Piala Dunia 2010 Spanyol mengakhiri langkah mereka di putaran final dengan juara, akankah ini menjadi sinyal Tim Matador bakal mempertahankan gelar Eropa mereka?

Sama seperti Spanyol, Jerman juga mencatat hasil sempurna sepanjang kualifikasi. Ini merupakan rekor sempurna kedua Der Panzer setelah Kualifikasi Piala Dunia 1982.

Tiki Taka Tim Matador

Selama kualifikasi, Spanyol tercatat sebagai tim dengan rata-rata prosentaseball possession tertinggi, yakni 75%. Di urutan kedua setelah Spanyol adalah Italia (72%).

Gol pertama Spanyol saat mengalahkan Skotlandia dicetak oleh David Silvasetelah melalui total 41 umpan tanpa putus dari pemain-pemain Spanyol. Gaya tiki-taka ini merupakan jumlah umpan beruntun tertinggi yang menjadi gol di kualifikasi Piala Eropa 2012.

Rekor Negeri Seribu Dewa

Yunani lolos sebagai juara Grup F dan pelatih mereka, Fernando Santos, kini mencatat rekor tak terkalahkan dalam 16 pertandingan (10 menang, 6 imbang), mematahkan rekor 15 laga tak terkalahkan pelatih yang membawa Yunani juara Piala Eropa 2004, Otto Rehhagel.

Keunikan Tim Dinamit

Denmark mengalahkan Portugal 2-1 dan lolos ke Piala Eropa 2012 sebagai juara Grup H. Salah satu gol Tim Dinamit dicetak oleh Nicklas Bendtner. Striker Arsenal yang dipinjamkan ke Sunderland itu kini tercatat telah bermain empat kali lawan Portugal dan selalu mencetak gol di tiap pertandingan lawan Selecao-nya Eropa itu.

Tiga pemain pengganti Denmark lawan Portugal semuanya bernama belakang Poulsen. Mereka adalah Christian Poulsen, Simon Poulsen, dan Jakob Poulsen.

Rekor De Oranje

Belanda kalah 2-3 dari Swedia pada laga terakhir di Stockhlom, ini merupakan kekalahan pertama yang dialami Belanda dalam waktu 90 menit selama era pelatih Bert van Marwijk.

Meski kalah dari Swedia, Belanda tercatat sebagai satu-satunya negara yang sempat unggul di semua pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2012.

Swedia Terbaik, Inggris Terburuk

Kemenangan atas Belanda membawa Swedia menjadi tim peringkat runner up terbaik dengan jumlah poin 24. Andai Swedia berada di grup B, D, G, atau H, mereka sudah juara grup.

Inggris menjadi juara Grup G dengan koleksi 18 poin. Jumlah terendah di antara semua juara grup kualifikasi Piala Eropa 2012. Andai berada di grup B, D, E, atau F, Wayne Rooney dkk sudah dipastikan tak lolos ke Piala Eropa 2012!
Share this article :

0 Komentar:

Total Pageviews

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PORTAL KAMPUNGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template