Headlines News :
Home » » Lomba Pepaosan di Kabupaten Lombok Utara

Lomba Pepaosan di Kabupaten Lombok Utara

Written By Unknown on Oct 3, 2011 | Monday, October 03, 2011

Untuk terus mengupayakan pelestarian tradisi dan budaya daerah, Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (dikbudpora) Kabupaten Lombok Utara (KLU) kembali menggelar lomba pepaosan tingkat kabupaten.

Lomba pepaosan tahun 2011 merupakan tahun kedua sejak mulai diselenggarakan tahun lalu. Lomba kali ini dipusatkan di Rumah Makan Anom Desa Sokong Kecamatan Tanjung pada tanggal 25-26 April 2011, diikuti oleh semua kelompok “pemaos” atau “pemaca” atau dalam bahasa Indonesianya “membaca”.

Ketua panitia lomba pepaosan, Sahti, S.Pd,M.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menarik minat generasi muda untuk mewarisi bakat memaos takepan, sehingga mampu menjadi pemaos. Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan akan tradisi dan budaya KLU. Juga sebagai bentuk pelestarian nilai-nilai budaya yang dari tahun ketahun hamper punah.

Sementara itu, salah seorang budayawan KLU yang juga selaku dewan juri lomba pepaosan ini, Datu Artadi menjelaskan bahwa semua tembang atau cerita yang dibaca peserta menceritakan tentang segala kearifan local yang mengandung pesan moral dan estetika tinggi.

“Semua tembang yang dibacakan merupakan ajakan dan ajaran kepada semua ummat manusia tentang bagaimana cara berprilaku santun kepada sesame, dan diharapkan mampu menciptakan transformasi nilai-nilai keluhuran dan kepribadian yang agung,” katanya.

Jenis tembang yang dilombakan diantaranya tembang asmaradana, tembang sinom, tembang durma, tembang mijil, tembang dandanggula dan sebagainya, yang ksesemuanya diambil dari berbagai takepan atau daun lontar seperti Kitab Indar Jaya, Kitab Prodaksina, Kitab Bang bari dan Kitab Tapel Adam.
Share this article :

0 Komentar:

Total Pageviews

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PORTAL KAMPUNGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template