Headlines News :
Home » » Daerah Aliran Sungai

Daerah Aliran Sungai

Written By Unknown on Oct 2, 2011 | Sunday, October 02, 2011

Wilayah Kabupaten Lombok Timur dilalui oleh banyak aliran sungai dan anak sungai, akan tetapi tidak semua sungai berair sepanjang tahun. Danau hanya satu di daerah ini, yaitu danau Segara Anak yang berada diperbatasan antara Kabupaten Lombok Barat dengan Kabupaten Lombok Timur, yang luasnya kira-kira 30 Km2 dengan kedalaman tertinggi 200 meter.

Berdasarkan perbandingan antara ketersediaan dan kebutuhan air di Kabupaten Lombok Timur, maka tingkat potensi air untuk keperluan irigasi dan air minum dan untuk pusat-pusat kegiatan dapat digambarkan dalam Daerah Aliran Sungai sebagai berikut:
Sungai Bendung

Air hanya mampu melayani irigasi seluas 1331 Ha, dengan pola tanam padi-palawija. Mulai musim tanam padi, pertengahan bulan November sampai dengan pertengahan bulan Maret. Air bagi tanaman palawiija hanya cukup sampai 120 Ha, yaitu tersedia pada pertengahan bulan Maret sampai pertengahan bulan Juni. Air minum untuk kecamatan Keruak, besarnya 32 l/dt dan hanya bisa tersedia antara bulan Oktober sampai pertengahan Mei, sedangkan untuk bulan-bulan lainnya perlu mendapatkan tambahan dari sumber-sumber lain, seperti Air tanah.
Sungai Kermit (Kecamatan Sakra)

Debit air hanya mampu melayani irigasi seluas 648 Ha, dengan pola tanam padi-palawija. Mulai musim tanam pada bulan Desember sampai April. Ketersediaan air bagi tanaman palawija hanya cukup untuk mengairi 185 Ha. Air minum untuk Kecamatan Sakra, besarnya 35 l/dt dan hanya tersedia dari sungai Kermit .
Sungai Aik Kampat (Kecamatan Sikur)

Air hanya mampu melayani irigasi maksimum 130 Ha, dengan pola tanam padi-palawija. Mulai tanam padi antara Bulan Oktober sampai Juni, sedangkan untuk palawija hanya cukup untuk mengairi sawah seluas 130 Ha. Air minum untuk kecamatan Sikur besarnya 17 l/dt dan hanya bisa tersedia dari sungai Aik Kampat. Antara bulan November sampai dengan bulan Juni, sedangkan pada bulan lain perlu dicari tambahan sumber air.
Sungai Belimbing

Air hanya mampu melayani irigasi seluas 597 Ha, dengan pola tanam padi-palawija. Mulai musim tanam padi, pertengahan bulan November sampai dengan pertengahan bulan Maret. Air bagi tanaman palawija hanya cukup sampai 120 Ha, yaitu tersedia pada pertengahan bulan Maret sampai pertengahan bulan Juni. Air minum untuk kecamatan Selong dan Masbagik besarnya 63 l/dt dan hanya bisa tersedia antara bulan November sampai pertengahan Juni, sedangkan untuk bulan-bulan lainnya perlu mendapatkan tambahan dari sumber-sumber lain, seperti Air tanah atau dari sungai lainnya.
Sungai Korleko

Air hanya mampu melayani irigasi seluas 199 Ha, dengan pola tanam padi-palawija. Mulai musim tanam padi, pertengahan bulan Desember sampai dengan pertengahan bulan Maret. Air bagi tanaman palawija hanya cukup sampai 120 Ha, yaitu tersedia pada pertengahan bulan Maret sampai pertengahan bulan Juni. Air minum untuk kecamatan Selong dan Masbagik besarnya 14l/dt dan hanya bisa tersedia antara bulan November sampai pertengahan Juni, sedangkan untuk bulan-bulan lainnya perlu mendapatkan tambahan dari sumber-sumber lain, seperti Air tanah atau dari sungai lainnya.
Sungai Tibulisung

Air hanya mampu melayani irigasi seluas 2.319 Ha, dengan pola tanam padi-palawija. Mulai musim tanam padi, pertengahan bulan Desember sampai dengan pertengahan bulan April. Air bagi tanaman palawija hanya cukup sampai 1.168 Ha, yaitu tersedia pada pertengahan bulan Maret sampai pertengahan bulan Juni. Air minum untuk kecamatan Aikmel besarnya 53l/dt dan bisa tersedia sepanjang tahun.
Sungai Segara (Kec. Pringgabaya)

Air hanya mampu mengairi irigasi seluas 55 Ha, dengan pola tanam padi-palawija. Mulai musim tanam padi, pertengahan bulan Januari sampai dengan pertengahan bulan Mei Air bagi tanaman palawija hanya cukup sampai 55 Ha, yaitu tersedia pada pertengahan bulan Maret sampai pertengahan bulan Juni.

Air minum untuk kecamatan Pringgabaya besarnya 30 l/dt dan hanya bisa tersedia dari sungai Dodokan antara bulan Januari sampai pertengahan Juli, sedangkan untuk bulan-bulan lainnya perlu mendapatkan tambahan dari sumber-sumber lain, seperti Air tanah atau dari sungai lainnya.
Sungai Sambelia

Air hanya mampu melayani irigasi seluas 354 Ha, dengan pola tanam padi-palawija. Mulai musim tanam padi, pertengahan bulan Desember sampai dengan pertengahan bulan April. Air bagi tanaman palawija hanya cukup sampai 185 Ha, yaitu tersedia pada pertengahan bulan Maret sampai pertengahan bulan Juni. Air minum untuk kecamatan Sambelia besarnya 46l/dt dan hanya bisa tersedia dari sungai Dodokan antara bulan Desember sampai pertengahan Juli, sedangkan untuk bulan-bulan lainnya perlu mendapatkan tambahan dari sumber-sumber lain, seperti Air tanah atau dari sungai lainnya.
Sungai Beburung (Kecamatan Sambelia)

Air hanya mampu melayani irigasi seluas 1.000 Ha, dengan pola tanam padi-palawija. Mulai musim tanam padi, pertengahan bulan Desember sampai dengan pertengahan bulan April. Air bagi tanaman palawija hanya cukup sampai 1.000 Ha, yaitu tersedia pada pertengahan bulan Maret sampai pertengahan bulan Juni.
Share this article :

0 Komentar:

Total Pageviews

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PORTAL KAMPUNGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template