Headlines News :
Home » » Daerah Pariwisata Lombok Timur

Daerah Pariwisata Lombok Timur

Written By Unknown on Oct 2, 2011 | Sunday, October 02, 2011

Untuk menunjang kegiatan pariwisata, khususnya pengembangan pariwisata, khususnya pengembangan wisata alam dan wisata bahari di Kabupaten Lombok Timur, perlu dibangun sarana dan prasarana pendukung seperti penginapan restoran dan transportasi laut yang aman, nyaman dan menyenangkan.Tempat hiburan seiring dengan semakin meningkatnya pendapatan masyarakat dan kegiatan ekonomi yang meningkat maka jasa hiburan adalah investasi yang juga paling berprospek.
Pusat-pusat hiburan seperti aneka mainan untuk anak-anak sarana olahraga rekreasi dan sarana hiburan untuk para orang dewasa belum dimiliki oleh warga Kabupaten Lombok Timur. Selain itu peningkatan jumlah lembaga perbankan diarasakan sangat diperlukan karena untuk menumbuhkan gairah kegiatan ekonomi perlu penyediaan program-program kredit usaha yang menarik dan kompetitif diantara lembaga perbankan.
Dari berbagai obyek wisata yang dimiliki Kabupaten Lombok Timur,hanya sebagian kecil saja yang sudah diberdayakan secara maksimal. Padahal obyek -obyek wisata ini sangat potensial sekali mendatangkan para wisatawan. Karena daya tarik keindahan dan keunikannya. Secara kualitas tidak kalah menarik dengan obyek-obyek wisata daerah lain. Seperti dibagian selatan Kabupaten Lombok Timur yaitu Teluk Ekas, Teluk Serewe, kawasan Kaliantan, kawasan Sungkun, kawasan Sunut, Pantai Surga, dan Pantai Cemara, Pantai Tanjung Ringgit dan sekitarnya, yang berada di wilayah Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Untuk itu investasi pada obyek-obyek wisata ini secara ekonomis sangat menguntungkan.
Kawasan-kawasan wisata pantai tersebut memiliki keunggulan antara lain : Panorama alam, pemandangan bawah air berupa terumbu karang dan keaneka ragaman flora dan faunanya serta peninggalan sejarah.
Selain kawasan pantai, terdapat juga beberapa kawasan Gili (pulau-pulau kecil) sebanyak lebih kurang 23 Gili disekitar Kecamatan Jerowaru yang tidak kalah menariknya dibanding panorama pantai yang ada.
Lebih lengkapnya untuk mengetahui keunggulan wisata yang dimiliki kawasan Lombok Timur bagian selatan klik dibawah ini :
  1. Pantai Kaliantan dan Tanjung Bloam.
  2. Tanjung Ringgit, Tanjung Perak dan Tanjung Cina.
  3. Gili Sunut.
  4. Ekas.
  5. Pantai Sorga/Paradise Beach.
Selain di Kawasan Bagian Selatan, maka potensi lain yang memiliki peluang pengembangan khususnya untuk obyek wisata pantai dan pemandangan bawah air adalah kawasan Bagian Utara Kabupaten Lombok Timur yang berada dalam wilayah Kecamatan Sambelia dan Kawasan Gili-gili (Pulau-pulau kecil) disekitarnya.
Gili–gili tersebut adalah : Gili Lawang dan Gili Kondo, yang merupakan kawasan yang sangat penting baik dari Aspek Pengelolaan sumber daya Perikanan maupun aspek pengembangan Pariwisata dengan penetapannya sebagai Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD), dengan SK Bupati Lombok Timur No. 188.45/452/KP/2004.
Sesuai dengan Surat Keputusan tersebut maka konsep pengembangan kawasan Gili Sulat dan Gili Lawang diarahkan sebagai Daerah Perlindungan Laut dan Taman Wisata Laut / Bahari. Selain itu kawasan ini merupakan kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil yang berciri khusus sehingga dimanfaatkan sebagai tempat konservasi dan peningkatkan kualitas keanekaragaman hayati.
Lebih lengkapnya untuk mengetahui keunggulan wisata yang dimiliki kawasan Lombok Timur bagian Utara klik dibawah ini :
  1. Gili Kondo /Gili Bagek.
  2. Gili Sulat dan Gili Lawang.
Disamping itu pertimbangan lain untuk investasi pada obyek -obyek wisata di Kabupaten Lombok Timur setidaknya karena :
  1. Obyek wisatanya sudah ada tinggal membangun prasarana penunjang. Kusus bagian selatan dekat dengan Bandara Internasional Lombok (BIL).
  2. Tersedianya jaringan transportasi jalan beraspal hingga wilayah kecamatan dan sarana penunjang lainnya, seperti pelabuhan dan transportasi laut untuk mereka yang berminat mengembangkan wisata bahari di Kabupaten Lombok Timur.
  3. Dampak yang ditimbulkan yaitu : Membangkitkan berbagai usaha jasa lainnya seperti biro-biro jasa perjalanan, penginapan, restoran - restoran atau warung-warung makan, cinderamata, dan berbagai jasa pariwisata lainnya.
Share this article :

0 Komentar:

Total Pageviews

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PORTAL KAMPUNGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template