Headlines News :
Home » » Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) 2012 untuk D2, D3, dan S1

Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) 2012 untuk D2, D3, dan S1

Written By Unknown on Sep 27, 2011 | Tuesday, September 27, 2011

Beasiswa D2, D3, dan S1 ke Jepang yang diberikan oleh pemerintah Jepang, yang lebih populer dengan Monbukagakusho tahun 2012 dibuka pada tanggal 9 Mei 2011 dan akan ditutup pada 10 Juni 2011. Berikut ada detail syarat dan materi ujian untuk masing-masing jenjang. Perlu diperhatikan setiap pelajar hanya dapat memilih 1 program (D2/D3/S1)
Undergraduate (S-1) : Masa studi 5 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang (kecuali jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian farmasi lama masa studi adalah 7 tahun)
Syarat: lulusan SLTA; nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir masing-masing minimal 8,4; lahir antara tgl. 2 April 1990 dan tgl. 1 April 1995
Materi ujian tertulis:
IPS: Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Matematika
IPA-a: Bahasa Inggris,Matematika, Kimia, dan Fisika
IPA-b,c: Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi
Pilihan jurusan (study programs):
IPS: Laws, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese language, Economics, Business Administration, and others.
IPA-a: Science (Mathematics, Physics, Chemistry); Electric and Electronic Studies (Electronics, Electrical Engineering, Information Engineering); Mechanical Studies (Mechanical Engineering, Naval Architecture); Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering, Architecture, Environmental Engineering); Chemical Studies (Applied Chemistry, Chemical Engineering, Industrial Chemistry, Textile Engineering); and other fields (Metallurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Engineering, Biotechnology)
IPA-b: Agricultural Studies (Agriculture, Agricultural Chemistry, Agricultural Engineering, Animal Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Fisheries); Hygienic Studies (Pharmacy, Hygienics, Nursing); Science (Biology)
IPA-c: Medicine; Dentistry
College of Technology (D-3): Masa studi 4 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. College of Technology memiliki program 5 tahun yang dirancang bagi lulusan SLTP. Siswa penerima Beasiswa Monbukagakusho (lulusan SLTA) akan masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Studi teknik sebagian besar terdiri dari eksperimen / percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan dari sekolah ini diharapkan menjadi ahli teknik (engineer).
Syarat: lulusan SLTA; nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir masing-masing minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1990 dan tgl. 1 April 1995
Materi ujian tertulis: Matematika dan Kimia/Fisika (tergantung kategori jurusan seperti tertulis di bawah)
Pilihan jurusan:
Kimia: Jurusan yang terkait pada bidang kimia seperti “Materials Engineering” dll.
Fisika: Jurusan lain seperti “Mechanical Engineering”, “Electrical and Electronic Engineering”, “Information, Communication, and Network Engineering”, “Architecture and Civil Engineering”, “Maritime Engineering” dll.
Professional Training College (D-2) : Masa studi 3 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. Professional Training College terpisah dari sistem pendidikan Jepang yang biasa. Sekolah ini menawarkan pelatihan praktis kejuruan.
Syarat: lulusan SLTA; nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir masingmasing
minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1990 dan tgl. 1 April 1995
Materi ujian tertulis: Bahasa Inggris dan Matematika
Pilihan jurusan: Architecture; Civil Engineering; Electrical Engineering; Electronics; Telecommunication; Nutrition; Infant Education; Secretarial Studies; Hotel Management; Tourism; Fashion and Dress making; Design; Photography; dll

Catatan:
  • Semua soal ujian dalam bahasa Inggris.
  • Lulusan dari S-1 bisa meneruskan ke S-2, dan lulusan D-3 dan D-2 bisa meneruskan ke S-1 sebagai siswa tahun ketiga. Namun untuk melanjutkan beasiswa, tergantung pada prestasi dan hasil seleksi. Para siswa tentunya harus mengikuti ujian masuk dan masa perpanjangan beasiswa maksimal 2 tahun.

FASILITAS
  • Bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah dan uang pendaftaran
  • Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang
  • Tunjangan ¥123.000/bulan (Besar tunjangan tahun 2011). Untuk tahun 2012 dan tahun selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
  • Tanpa ikatan dinas

Prosedur Pendaftaran
  • Masa pendaftaran: Mulai tanggal 9 Mei s/d 10 Juni 2011
  • Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan tersebut di atas yang berhak mengambil formulir yang tersedia di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta atau Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Medan, dan Makassar.
  • Formulir harus diserahkan ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta atau Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Medan, dan Makassar lengkap dengan fotokopi rapor kelas 3 semester terakhir, ijazah, dan nilai ijazah (bisa menggunakan dokumen sementara dari sekolah apabila nilai asli dari Kanwil Depdiknas belum keluar)
  • Formulir harus dikembalikan dalam 3 hari kerja.

(Khusus untuk mereka yang berada di luar JABODETABEK, Surabaya, Medan, dan Makassar)
1. Dapat melamar melalui surat yang ditujukan kepada alamat sbb:
Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350 Telp. 021 – 319 24308 ps. 175, 176 atau 178
b. Konsulat Jenderal Jepang Surabaya
Jl. Sumatera No. 93, Surabaya Telp. 031 – 503 0008
c. Konsulat Jenderal Jepang Medan
Wisma BII Lt. 5, Jl. P. Diponegoro No. 18, Medan Telp. 061 – 457 5193
d. Konsulat Jenderal Jepang Makassar
Jalan Jenderal Sudirman No. 31, Makassar Telp. 0411-871 030, 872 323, 851 882
2. Lampirkan fotokopi: rapor kelas 3 semester terakhir, ijazah, dan nilai ijazah (bisa menggunakan dokumen sementara dari sekolah apabila nilai asli dari Kanwil Depdiknas belum keluar).
3. Yang harus dicantumkan dalam surat lamaran: nama lengkap, tempat & tanggal lahir, alamat lengkap dan nomor telepon/HP(agar dapat dihubungi jika diperlukan), program yang akan diikuti (S-1, D-3, atau D-2), dan 3 (tiga) bidang studi yang ingin dipelajari.
4. Dengan mengirimkan semua dokumen tersebut, kami anggap sah sebagai pengganti formulir (tidak perlu mengisi formulir pendaftaran).

PROSEDUR SELEKSI
  • Bagi yang lolos praseleksi (seleksi dokumen) akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis (bulan Juli). Praseleksi dilakukan berdasarkan nilai ijazah dan rapor.
  • Mereka yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk wawancara di Jakarta (dalam bahasa Indonesia) (bulan Agustus). Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho
  • Mereka yang lolos seleksi di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Penetapan penerima beasiswa Monbukagakusho ditentukan pada bulan Januari 2012.
Share this article :

0 Komentar:

Total Pageviews

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PORTAL KAMPUNGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template