Headlines News :
Home » » Mengapa sebaiknya Anda menunda pembelian BlackBerry baru

Mengapa sebaiknya Anda menunda pembelian BlackBerry baru

Written By Unknown on Dec 1, 2011 | Thursday, December 01, 2011

Para penggemar BlackBerry senang setelah RIM mengumumkan seluruh armada ponsel pintar terbarunya – akan tetapi ada sesuatu dibalik itu semua. Ponsel generasi baru biasanya menjadi berita bagus bagi konsumen, namun berita ini menimbulkan  dilema besar bagi pembeli BlackBerry. Sementara beberapa tahun belakangan ini iPhone dan Android semakin berkembang dan memiliki banyak koleksi aplikasi baru, RIM masih belum juga mampu untuk bersaing.
Penggemar setia BlackBerry mungkin mulai bertanya-tanya, apakah ini waktunya untuk beralih? Atau mungkin ini saat yang tepat untuk upgrade? Sebaiknya membeli sekarang atau menunggu? Berdasarkan  penilaian atas seluruh jajaran ponsel terbaru dan kabar-kabar yang berkembang selama ini mungkin panduan berikut bisa menjadi bahan pertimbangan :
1. Mengamati Jajaran BlackBerry Terbaru
Sebelum menuju pada alasan untuk menunda pembelian BlackBerry baru, mari kita telusuri ponsel-ponsel RIM terbaru. Ponsel-ponsel terbaru ini semuanya dioptimalkan untuk menjalankan Sistem Operasi terbarunya juga, yaitu BlackBerry OS 7. Walaupun OS 7 mungkin terlihat sangat menyerupai OS 6, tetapi terdapat perubahan besar didalamnya. Fitur baru seperti akselerasi hardware grafis memberikan performa yang maksimal secara keseluruhan, terutama untuk game dan media streaming. Peningkatan pada browser-pun menghasilkan waktu load hingga 40% lebih cepat dari BlackBerry OS 6.
BlackBerry Bold 9900 / 9930
BlackBerry Bold Touch 9900
Rasa baru dari BlackBerry Bold ini menawarkan layar sentuh 640 x 480 yang digabungkan dengan keyboard QWERTY. Prosesornya telah diperbaharui dengan menggunakan Snapdragon 1.2GHz, dan dengan ketebalan  .41 ” menjadikannya BlackBerry tertipis saat ini. Sayangnya untuk fitur-fitur yang ditawarkannya, ponsel ini masih tergolong mahal.

BlackBerry Torch 9850 / 9860
BlackBerry Torch 9850
BlackBerry Torch ini merupakan penyegaran dari seluruh jajaran ponsel RIM yang menggunakan layar sentuh tanpa keyboard. Ponsel ini juga dipersenjatai prosesor 1.2GHz dan BlackBerry OS7 terbarunya. Dengan ketebalan 3,7″, resolusi 800 x 400 dan sebuah kamera 5MP,  ponsel ini mampu merekam 720p HD Video.

BlackBerry Torch 9810
BlackBerry Torch 9810
BlackBerry Torch 9810 mendapatkan sedikit perubahan dan memiliki fitur hampir sama dengan pendahulunya seperti  keyboard geser dan layar sentuh. Namun dengan BlackBerry OS 7 dan prosesor yang lebih cepat, membuat ponsel ini memililiki performa yang lebih tinggi dengan harga yang relatif terjangkau.

BlackBerry Curve 9350 / 9360 / 9370
BlackBerry Curve 9350 / 9360 / 9370
Moodel-model baru dari Blackberry Curve memiliki semua fitur yang sama seperti ketebalan 2,44 “, resolusi layar 480 x 360, keyboard QWERTY, kamera 5MP, dan BlackBerry OS 7. Walaupun tidak menggunakan prosesor 1.2GHz yang lebih cepat seperti rekan-rekannya, namun menjadikannya pilihan yang terjangkau.

2.  Keterbatasan Hardware
Walupun semua ponsel keluaran terbaru BlackBerry mungkin  tampak menggoda, namun masih ada beberapa hal yang kurang dan perlu dipertimbangkan bila dibandingkan dengan ponsel pintar lainnya di pasaran. Semua ponsel terbaru dari RIM ini sudah menggunakan BlackBerry OS 7, tapi dari segi spesifikasi hardware, ponsel-ponsel ini belum dapat bersaing dengan Android atupun Apple iPhone. Ponsel seperti Droid Bionic atau Samsung Galaxy S II sudah menggunakan prosesor dual core, yang pastinya lebih bertenaga. Yang artinya membutuhkan waktu lebih sedikit untuk membuka website atau email dan lebih lancar dalam menjalankan games ataupun aplikasi-aplikasi lainnya.
Selain itu, hingga saat ini semua jajaran ponsel dari RIM masih belum memiliki kamera depan. Sehingga penggunaan dari aplikasi video chat tidak memungkinkan.
3. Kelangkaan Aplikasi
Sejak kemunculan iPhone, ponsel pintar merupakan mediator untuk mendapatkan dan menggunakan aplikasi favorit. Walaupun BlackBerry OS 7 menawarkan applikasi baru, ketersediaannya juga menjadi masalah besar untuk RIM : Pada bulan Februari 2011, BlackBerry App World memiliki stok hampir 20.000 aplikasi. Pada bulan Mei 2011 Android Market memiliki 200.000 aplikasi, sementara Apple Store memiliki 400.000 aplikasi pada bulan Juni. Bahkan game yang sangat diminati seperti Angry Birds tidak tersedia di BlackBerry App World, sementara game tersebut bisa didapatkan di hampir semua platform.
4. Kehadiran QNX dan Aplikasi Android
Ponsel-ponsel BlackBerry terbaru memang mendapatkan beberapa perbaikan dibandingkan pendahulunya, namun hanya merupakan sebuah penyempurnaan. Revolusi RIM yang sesungguhnya mungkin akan datang dalam waktu dekat. RIM berencana untuk membangun ulang Sistem Operasi ponselnya dengan menggunakan QNX, seperti yang sudah digunakan pada tabletnya : BlackBerry PlayBook.
BlackBerry PlaybookPenggunaan Sistem Operasi baru ini merupakan perombakan total dari BlackBerry yang sudah kita kenal. OS baru ini menawarkan banyak fitur baru dan antarmuka pengguna yang lebih baik, namun ponsel sekarang ini yang menggunakan BlackBerry OS 7 tidak dapat diupgrade ke Sistem Operasi QNX. Dan yang terpenting, telah banyak dikabarkan bahwa ponsel BlackBerry QNX akan dapat menjalankan aplikasi Android. Sementara RIM semakin tertinggal dibelakang kedua kompetitornya dengan kurangnya jumlah aplikasi, dukungan kompatibilitas atas aplikasi Android mungkin akan membangkitkan BlackBerry kembali dari keterpurukannya.
Jajaran baru BlackBerry yang akan mendukung aplikasi Android diharapkan hadir pada awal 2012, dimulai dengan kode bernama BlackBerry Colt.
BlackBerry ColtDikarenakan hanya BlacBerry berbasis QNX yang mampu menjalankan aplikasi Android, maka sangat disayangkan seluruh jajaran ponsel BlackBerry sebelumnya akan ditinggalkan. Semua customer RIM yang mengharapkan upgrade mungkin akan dilayani dengan baik sambil menunggu sampai awal 2012.
Share this article :

0 Komentar:

Total Pageviews

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PORTAL KAMPUNGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template