Headlines News :
Home » » Tips: Cara Menambah Keunikan Pada Duplicate Contents

Tips: Cara Menambah Keunikan Pada Duplicate Contents

Written By Unknown on Mar 29, 2012 | Thursday, March 29, 2012

Adagium Content is King cukup populer di kalangan Adsense Publishers. Tak heran, kalau banyak orang memanfaatkan persepsi ini untuk mengeruk keuntungan. Salah satunya dengan menawarkan paket-paket situs Adsense siap pakai (AdSense Ready) dengan jumlah content/artikel yang cukup menggiurkan atau menjual script pembuatnya, semacam article script builder. Padahal, artikel yang dijual itu dapat diperoleh secara cuma-cuma dari berbagai article directories di Internet. Dengan kata lain, artikel tersebut berpotensi menjadi duplicate contents karena siapa pun dapat memperolehnya secara gratis. Kalau Anda tergoda untuk menempuh jalan pintas dengan membeli paket-paket situs AdSense Ready tadi, sebaiknya pertimbangkan kembali hasrat itu. Lanjutkan membaca tulisan ini. Saya yakin hasil yang akan Anda peroleh nantinya lebih memuaskan. Paling tidak, Anda tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. :-)

Pertanyaannnya, apakah kuantitas saja sudah cukup?
Untuk mendapatkan posisi bagus di search engine maupun di mata real visitors, kuantitas isi sebuah situs/blog meski ditopang dengan originalitas atau keunikan isi. Jika tidak, sebuah situs sukar sekali bisa mendatangkan trafik pengunjung yang memadai. Padahal, untuk situs berbasis AdSense: No traffics=No Clicks=No Money!
Idealnya, tulisan ini mesti mendorong Anda untuk meng-create original contents sebanyak mungkin. Sehingga situs atau blog Anda menjadi unik. Mengapa keunikan dan originalitas isi merupakan salah satu kunci untuk men-generate trafik? Dengan banyaknya content yang unik (apalagi ditambah dengan teknik SEO), semakin banyak pula halaman situs Anda yang bakal ter-indexed dan meraih posisi tinggi di rangking system mesin pencari. Kalau ada orang yang mencari keyword tertentu, dan keyword tersebut ada di artikel Anda yang original itu, besar kemungkinan situs Anda akan menempati posisi atas di halaman search results. Karenanya, berpeluang besar untuk mendapat kunjungan pertama dari si pencari tadi.
Begitu juga dengan real visitors. Kalau informasi yang mereka cari cuma ada di situs Anda, maka dengan sendirinya mereka akan menjadi loyal visitors dan senantiasa mengulangi kunjungan ke situs Anda untuk mendapatkan informasi terbaru.
Begitulah kira-kira rewards yang akan didapat oleh sebuah situs/blog yang content-nya unik dan original.
Namun, tentu saja tidak mudah bagi sebagian orang untuk meng-create content sendiri yang betul-betul unik dan original. Apalagi bagi mereka yang baru mencoba membangun situs dan memiliki keterbatasan bahasa (Inggris). Kalau Anda merasa kurang bisa menulis artikel dalam bahasa Inggris, tips ini untuk Anda. Daripada mengeluarkan biaya untuk membeli paket situs seperti AdSense ready, lebih baik bangun situs sendiri dengan memanfaatkan free articles sebagai content-nya. Namun bila sebaliknya (meskipun tak lancar), lupakan saja! Lebih baik Anda berjuang keras dulu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris daripada menerapkan tips-tips di bawah ini. Jangan pernah lupa, (original) Content is King!
Berikut ini tips untuk menjadikan duplicate contents di situs Anda sedikit lebih unik di mata mesin pencari.
  • Pakai RSS.
    Integrasikan RSS content yang bertema sama ke halaman artikel Anda. Sumber RSS content bisa berasal dari berbagai news portal: seperti Yahoo News, Google News, dan lain-lain, atau dari blog/situs lain yang senada. Keuntungan lain content dari RSS ini adalah auto-updated, sehingga halaman situs Anda akan senantiasa fresh dan mengundang search engine untuk meningkatkan frekuensi crawling-nya.
  • Tambahkan Inventory dari Affiliate Program
    Bila Anda ikut program afiliasi, semisal Amazon.Com, integrasikan juga inventori dari afiliasi tersebut ke halaman artikel. Inventori nya tentu saja yang berhubungan dengan tema utama. Misalnya, kalau artikel itu berisikan tips bagaimana menyembuhkan sleep disorder (kesulitan tidur), cari buku di inventori Amazon yang berhubungan dengan masalah susah tidur ini.
  • Sertakan Juga Recent Posts/Related Posts.
    Secara umum, CMS/blogging software menyediakan plugin atau modul khusus untuk memunculkan judul artikel dan permalinks di halaman tertentu. Manfaatkan modul atau plugin ini untuk menyertakan recent/related posts di halaman artikel tadi.
  • Sediakan Space untuk Komentar Pengunjung.
    Sama halnya dengan poin di atas, CMS/blogging software biasanya menyediakan fitur untuk menampung komentar pengunjung (comments). Aktifkan fitur ini berikut anti spam-nya agar ruang komentar di situs/blog Anda tidak dipenuhi tulisan para spammer. Semakin banyak komentar yang masuk, bakal semakin unik halaman beserta artikel tadi.
  • Incoming Search Terms.
    Kalau situs/blog Anda punya plugin atau modul untuk memunculkan incoming search term di tiap halaman artikel, jangan lupa aktifkan juga. Dari pengalaman pribadi, incoming search term yang tertera di halaman artikel bisa menambah keunikan artikel tersebut dan membantu menaikkan posisi di halaman search results.
Bila sudah menerapkan beberapa tips di atas, sebenarnya secara tidak langsung Anda telah menambah “bumbu” pada content/artikel tersebut. Dengan begitu, artikel yang tadinya duplicate content (karena artikel yang sama dapat ditemui di banyak situs lain) kini menjadi sedikit berbeda dari sumber aslinya. Jadilah ia lebih unik di mata search engine!
Akhirnya, mari jadikan beberapa tip di atas hanya sebagai alternatif. Pilihan utama tetap pada original content (kalau bisa).
Share this article :

0 Komentar:

Total Pageviews

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PORTAL KAMPUNGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template