Headlines News :
Home » » Cara Baru Untuk ‘Memperbaiki’ CO2

Cara Baru Untuk ‘Memperbaiki’ CO2

Written By Unknown on Sep 4, 2010 | Saturday, September 04, 2010

Cara Baru Untuk ‘Memperbaiki’ CO2

Cara baru memperbaiki CO2 
Elektrokatalisis: Proses mengubah CO2 di udara kedalam oksalat bahan mentah organik yang berguna
Pada keberadaan CO2 di udara, katalis (kiri) bereaksi untuk membentuk suatu komplek yang berisi dua oksalat (kebanyakan warna merah), yang dapat dibebaskan dengan perlakuan asam. Cu berwarna hijau, N berwarna biru, S berwarna kuning, O berwarna merah, dan C berwarna hitam.
Dalam sebuah studi dengan implikasi untuk menunjukkan global warming, para peneliti telah membuat suatu cara baru untuk menghilangkan gas CO2 rumah kaca dari udara dan membentuk bahan mentak organik yang berguna dalam prosesnya (Science 2010, 327, 313). Te
knik ini masih pada taraf demonstrasi tetapi menjanjikan te

rhadap strategi penyitaan CO2 lainnya.
Proses pembuatan alat sebelumnya untuk “memperbaiki” CO2 meliputi reaksi stoichiometric dengan hidroksida dari karbonat atau bikarbonat dan transformasi katalis untuk membentuk organik persenyawaan seperti formaldehyde dan methanol. Konversi katalitik lebih efisien dan praktis untuk penggunaan dalam skala besar, tetapi katalis akhir – akhir ini tidak dapat digunakan pada CO2 di udara karena mereka juga mengurangi oksigen, yang ada di udara pada tingkata yang sangat tinggi dari pada CO2. Sebagai tambahan, mereka tidak tselektif, menciptakan campuran organik produk.
Ahli kimia anorganik Elisabeth Bouwman dari Universitas Leiden, di Belanda, dan para rekan kerjanya sekarang telah mengmbangkan suatu katalis yang bereaksi dengan CO2 dari udara ambient untuk membentuk suatu produk tunggal oksalat, suatu bahan mentah yang berguna bagi produksi persenyawaan organik lainnya. Setelah reaksi, katalis ini diregenerasikan secara elektrokimiawi pada potensi pengurangan yang sangat rendah, ini berarti bahwa ini merupakan sangat tidak biasa secara energitikal.
Prosesnya tidak memperbaiki permasalahan global warming dengan tepat dan mungkin tidak akan pernah. “Studi kami murni suatu fundamental, dan temuannya akan membutuhkan pekerjaan tambahan sebelum mereka mungkin dapat diaplikasikan pada bidang industrial,” kata Bouwman.
Meskipun demikian, “ini sungguh luar biasa bahwa katalis ini mengurangi CO2 sangat istimewa terhadap oksigen dan bahwa langkah elektrokimiawi membutuhkan sedikit sekali energi yang menyatakan bahwa “struktur katalisnya sangatlah hampir sempurna disesuaikan dengan reaksi yang bekerja,” komentar Clifford P. Kubiak dari Universitas California, San Diego, seorang spesialis pada konversi CO2. Dibandingkan dengan cara – cara lain untuk menghilangkan CO2 dari udara, pengubahan gas rumah kaca  menjadi oksalat secara katalitik, efisien dan selektif ” sedikit lagi sampai di puncak tingkatan yang diinginkan,” katanya.
Share this article :

0 Komentar:

Total Pageviews

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PORTAL KAMPUNGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template