Headlines News :
Home » » Daun Kaki Kuda/ Cewek Gopel

Daun Kaki Kuda/ Cewek Gopel

Written By Unknown on Apr 27, 2011 | Wednesday, April 27, 2011

Tumbuhan ini di Indonesia mempunyai bermacam-macam nama sesuai dengan daerah-daerah. Di Jawa dikenal dengan calingan; di Sunda , antanan rambat; di Makasar, pegaga; di Tapanuli, ampapaga.
Daun kaki kuda ini mempunyai kandungan zat glikosida triterpenoida, alkaloid hidrokotilin, steroid, tanin, minyak atsiri, dan garam-garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium, dan besi.
Daun kaki kuda ini juga dapat digunakan untuk mengobatai bermacam-macam penyakit, seperti penyakit kulit, sakit perut, radang usus, batuk, asma, bronkitis, pelruh air seni, obat kumur untuk sariawan, obat borok perut, luka-luka kulit dan penyakit lepra. Hal ini diperkuat o
leh polonsky dan kawan-kawannya di dalam penelitian mereka. Mereka menemukan zat-zat di dalam kaki kuda tersebut yang dapat menyembuhkan lepra, anemia, peradangan, campak dan asma. Ditemukan juga bahwa daun kaki kuda ini tergolong sedative (pereda, penenang) dan cardiotonik (penguat jantung) yang dapat juga memperbaiki daya ingat dan penenang orang yang kurang waras.
Daun kaki ini dapat dilalab untuk mencegah penyakit, serta dapat direbus untuk sayuran dan dapat diambil sarinya untuk therapy.
(Dikutip dari; “Diet & Juice Therapy” Oleh DR. R. A. Nainggolan, Bandung)
Share this article :

0 Komentar:

Total Pageviews

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PORTAL KAMPUNGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template