Headlines News :
Home » » Manuel Neuer, Penerus Ideal Van der Sar di Manchester United

Manuel Neuer, Penerus Ideal Van der Sar di Manchester United

Written By Unknown on May 5, 2011 | Thursday, May 05, 2011


Bayern atau Manchester United, Neuer? (foto: GettyImages)
"Selama saya melatih Manchester United, barangkali inilah penampilan terbaik kiper saat menghadapi tim kami," puji Sir Alex Ferguson atas penampilan kiper Schalke 04, Manuel Neuer.
Ya, performa heroik Neuer pada leg pertama semifinal Liga Champions membuat kiper Schalke itu menjadi kandidat kuat suksesor Edwin van der Sar di bawah mistar United.
Untuk menggantikan kiper berusia 40 tahun yang tak pernah kebobolan pada laga away di Liga Champions musim ini, Ferguson butuh sosok yang benar-benar pilihan. Neuer adalah jawabannya.
Enam penyelamatan gemilang dilakukan Neuer saat lini belakang Royal Blues tak mampu menahan serangan Wayne Rooney dkk. Andai tak ada Neuer, Schalke mungkin sudah tertinggal empat atau lima gol di babak pertama.
Bahkan menurut catatan statistik,
Neuer menyentuh bola 60 kali saat lawan United, melebihi jumlah total sentuh bola dua penyerang Schalke, Raul (28) dan Edu (30).
Media Jerman Westdeutsche Allgemeine Zeitung menulis: "Manu 0, ManU 2"
Bild menulis "Wo war eigentlich der Rest von Schalke?", "Dimana, sebenarnya, pemain Schalke lainnya?"
Neuer adalah generasi terbaik Jerman saat ini. Schalke bukan tim besar di Liga Champions. Mereka mengejutkan Inter Milan di perempat final dan menghadapi Manchester United layaknya tim divisi satu menghadapi pimpinan klasemen -dan calon juara- Premier League.
Yang jadi pertanyaan adalah, mampukah Ferguson "membajak" Neuer dari pinangan Bayern Munich?
Bayern adalah klub raksasa Jerman yang secara tradisional menjadi pilihan utama sekaligus dianggap sebagai "puncak karir" pemain-pemain Bundesliga.
Ferguson pernah mengatakan ia melakukan kesalahan ketika tak membeli Van der Sar pada 1999 lalu, saat Peter Schmeichel meninggalkan Setan Merah pasca treble winner.
Van der Sar kemudian gabung Juventus dan Ferguson beberapa kali membeli kiper medioker hingga akhirnya mendapatkan Van der Sar dari Fulham pada tahun 2005.
"Yakin gabung Bayern?" Bisa jadi itulah yang dikatakan Ferguson pada Neuer usai pertandingan Schalke vs United. (foto: GettyImages)
Bila United tak mampu mendapatkan Neuer, bisa jadi Ferguson akan kehilangan kiper potensial terbaik di planet ini, ketika kontraknya tinggal satu tahun lagi -selain godaan Bayern.
Kiper dengan generasi yang sama seperti David De Gea (Atletico), Maarten Stekelenburg (Ajax), hingga Hugo Lloris (Lyon) mungkin bertalenta, namun tak ada yang menyaingi Neuer, baik di level klub maupun timnas. Ketiganya belum teruji sebagai one man show.
"Kami ingin Manuel," kata presiden Bayern Uli Hoeness seperti dikutip situs resmi FIFA.
Selain Bayern, United tak punya pesaing untuk mendapatkan Neuer. Real Madrid, Barcelona, Inter Milan, AC Milan, bahkan Juventus sekali pun sudah punya kiper tradisional di bawah mistar gawang mereka. Arsenal mungkin butuh kiper papan atas, namun sulit mengharapkan Wenger belanja besar.
"Sudah ada Schalke sebelum Neuer dan tetap akan ada Schalke setelah Neuer," tegas direktur klub Horst Heldt sebelum pertandingan lawan United.
Menariknya lagi, entah karena kecewa impiannya ke final Liga Champions dihempaskan United atau memang ingin menaikkan bargaining position-nya pada bursa transfer mendatang, Neuer mengatakan, "Manchester United tidak pernah menjadi pilihan bagi saya. Saya hanya akan berkonsentrasi untuk Schalke saat ini dan tidak peduli dengan gosip kepindahan saya,"
Sekedar gosip? Tak ada yang tahu kecuali Neuer. Yang pasti ia punya kesempatan kedua untuk menunjukkan kualitasnya di Old Trafford pada leg kedua semifinal pekan depan.
Kesempatan kedua untuk meyakinkan Fergie agar tak melakukan kesalahan kedua setelah era Peter Schmeichel dan Edwin van der Sar. (bola/zul)
Share this article :

0 Komentar:

Total Pageviews

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PORTAL KAMPUNGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template