Headlines News :
Home » » Instrumen Validasi KTSP

Instrumen Validasi KTSP

Written By pathul lapil on Oct 4, 2011 | Tuesday, October 04, 2011

CONTOH.

INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN KTSP



Nama Sekolah : . . . . . . . . . . . . . . .

Nama Kepala Sekolah : . . . . . . . . . . . . . . .

Alamat Sekolah : . . . . . . . . . . . . . . .

Kabupaten/Kota : . . . . . . . . . . . . . . .



DOKUMEN I

NoKomponen KTSP/IndikatorPenilaianCatatan
YaTdk
 Cover/halaman judul   
 1.   Logo sekolah dan atau daerah   
 2.   Judul: Kurikulum SMA  …………   
 3.   Tahun pelajaran   
 4.   Alamat sekolah   
 Lembar Pengesahan   
 1.   Rumusan kalimat pengesahan   
 2.   Tanda tangan kepala sekolah  dan stempel/cap sekolah   
 3.   Tanda tangan ketua komite sekolah dan stempel/cap Komite Sekolah   
 4.   Tempat untuk tanda tangan kepala/ pejabat dinas pendidikan provinsi   
 Daftar isi   
 Kesesuaian dengan halaman   
IPENDAHULUAN   
ARasional   
 1.Latar belakang memuat:   
  - kondisi nyata   
  - kondisi ideal   
  - Potensi dan karakteristik satuan pendidikan   
 2.Mencantumkan dasar hukum yang relevan   
  - Undang-undang No 20 thn 2003   
  - PP No 19 thn 2005   
  - Permendiknas No 22, 23, dan 24 thn 2006   
  - Permendiknas No 6 thn 2007   
  - Peraturan Daerah yang relevan   
BVisi Satuan Pendidikan   
 1.Ringkas dan mudah dipahami   
 2.Mengacu pada tujuan pendidikan menengah yaitu untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.   
 3.Mengacu tuntutan SKL Satuan Pendidikan, sebagaimana tercantum pada Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006   
 4.Berorientasi pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik .   
 5.Berorientasi pada kepentingan daerah, nasional dan internasional.   
 6.Berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.   
 7.Memberi inspirasi dan tantangan dalam meningkatkan prestasi secara berkelanjutan untuk mencapai keunggulan   
 8.Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan   
 9.Mengarahkan langkah-langkah strategis yang konsisten dengan penjabaran misi satuan pendidikan.   
CMisi Satuan Pendidikan   
 Menjabarkan pencapaian visi  dalam bentuk pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup:   
 1.Seluruh indikator visi   
 2Sebagian dari indikator visi   
DTujuan Satuan Pendidikan   
 Menjabarkan pencapaian misi  dalam bentuk pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup:   
 1.Seluruh indikator misi   
 2Sebagian dari indikator misi   
IISTRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN   
 Struktur Kurikulum Satuan Pendidikan, memuat:   
 1.Daftar mata pelajaran dan muatan lokal  sesuai dengan standar isi   
 2Pengaturan alokasi waktu per mata pelajaran disesuaikan dengan standar isi, kebutuhan peserta didik dan sekolah  dengan total waktu 38 – 39 Jam per minggu.   
 3Pengaturan alokasi waktu per mata pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan sekolah dengan  memanfaatkan tambahan 4 Jam per minggu.   
 Program Muatan Lokal, mencantumkan:   
 1.Jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang dilaksanakan sesuai dengan kebijakan daerah   
 2.Jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan karakteristik sekolah.   
 4.Daftar SK dan KD Muatan Lokal  yang dikembangkan oleh sekolah   
 5.Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program muatan lokal   
 Kegiatan Pengembangan Diri, mencantumkan:   
 1.Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program layanan konseling dan atau layanan akademik/belajar, sosial dan pengembangan karier peserta didik   
 2.Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program pengembangan bakat, minat dan prestasi peserta didik.   
 Pengaturan Beban Belajar, mencantumkan:   
 1.Uraian tentang rasionalisasi pemanfaatan tambahan 4 (empat) jam pelajaran per minggu   
 2.Uraian tentang pengaturan alokasi waktu pembelajaran per jam tatap muka,  jumlah jam pelajaran per minggu, jumlah minggu efektif per tahun pelajaran, jumlah jam pelajaran per tahun.   
 3.Uraian tentang pemanfaatan 60% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka pada mata pelajaran tertentu, untuk penugasan terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT).   
 4.Uraian tentang pelaksanaan program percepatan bagi siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa (bila ada).   
 Ketuntasan Belajar, mencantumkan:   
 1.Daftar kriteria ketuntasan minimal  (KKM) untuk semua mata pelajaran pada setiap tingkatan kelas.   
 2.Uraian tentang mekanisme dan prosedur penentuan KKM   
 3.Uraian tentang upaya sekolah dalam meningkatkan KKM untuk mencapai KKM ideal (100%)   
 Kenaikan Kelas mencantumkan:   
 1.Kriteria kenaikan kelas sesuai dengan kebutuhan sekolah dg. mempertimbangkan ketentuan pada SK Dirjen Mandikdasmen No. 12/C/Kep/TU/2008.   
 2.Uraian tentang pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas), sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Standar Penilaian Pendidikan.   
 3.Uraian tentang mekanisme dan prosedur pelaporan hasil belajar peserta didik   
 4.Uraian tentang pelaksanaan program remedial dan pengayaan   
 Kelulusan, mencantumkan:   
 1.Kriteria kelulusan berdasar pada ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 ayat 1   
 2.Uraian tentang pelaksanaan ujian nasional dan ujian sekolah   
 3.Target kelulusan yang akan dicapai oleh sekolah   
 4.Uraian tentang program-program sekolah dalam meningkatkan kualitas lulusan.   
 5.Uraian tentang program pasca ujian nasional sebagai antisipasi bagi siswa yang belum lulus ujian akhir.   
 Penjurusan, mencantumkan   
 1.Kriteria penjurusan sesuai dengan kebutuhan sekolah dg mempertimbangkan ketentuan yang diatur pada SK Dirjen Mandikdasmen No. 12/C/Kep/TU/2008   
 2.Uraian tentang program penelusuran bakat, minat dan prestasi peserta didik   
 3.Uraian tentang mekanisme dan proses pelaksanaan penjurusan.   
 Pendidikan Kecakapan Hidup dan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global, mencantumkan:   
 1.Uraian tentang penerapan pendidikan kecakapan hidup.   
 2.Uraian tentang penyelenggaraan pendidikan berbasis keunggulan lokal   
 3.Uraian tentang upaya sekolah dalam menuju pendidikan berwawasan global.   
IIIKALENDER PENDIDIKAN, Mencantumkan:   
 1.Pengaturan tentang permulaan tahun pelajaran.   
 2.Jumlah minggu efektif belajar satu tahun pelajaran   
 3.Jadwal waktu libur (jeda tengah semester, antar semester, libur akhir tahun pelajara, libur keagamaan, hari libur nasional dan hari libur khusus)   
LAMPIRAN   
 1.Silabus seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal   
  
  • Silabus semua mata pelajaran kelas X
   
  
  • Silabus semua mata pelajaran kelas XI program yang dilaksanakan
   
  
  • Silabus semua mata pelajaran kelas XII program yang dilaksanakan
   
  
  • Silabus muatan lokal kelas X
   
  
  • Silabus muatan lokal kelas XI program yang dilaksanakan
   
  
  • Silabus muatan lokal kelas XII program yang dilaksanakan
   
 2Laporan Hasil analisis Konteks   
 3Contoh  hasil penentuan KKM (satu mata pelajaran)   

Rekomendasi Petugas Validasi/Verifikasi untuk Dokumen I:

—————————————————————————————————————————————————-

—————————————————————————————————————————————————-

—————————————————————————————————————————————————-

—————————————————————————————————————————————————-

—————————————————————————————————————————————————-
Petugas Validasi/Verifikasi
—————–
DOKUMEN II dan LAMPIRAN

NoKomponen KTSP/IndikatorPenilaianCatatan
YaTidak
ISilabus   
 
A
Identitas Silabus
   
  Mencantumkan: nama sekolah, mata pelajaran, kelas, semester, standar Kompetensi dan alokasi waktu.   
 
B
Komponen Silabus
   
  Silabus mencakup komponen: Kompetensi dasar (KD), Materi Pembelajaran (MP), Kegiatan Pembelajaran – (KP), Indikator Pencapaian Kompetensi (KP), Penilaian (P), Alokasi Waktu (AW) dan Sumber Belajar (SB).   
  
C
Rumusan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
   
   
Mencakup seluruh SK dan KD untuk kelas X, XI dan XII
   
 
D
Rumusan Materi Pembelajaran
   
 1Dikembangkan sesuai dengan tingkatan ranah kognitif (fakta, konsep dan prosedur), afektif 9sikap/perilaku) dan psikhomotor (keterampilan) pada setiap KD.   
 2Urutan materi pembelajaran dikembangkan sesuai IPK, dengan memperhatikan pendekatan prosedural dan hirarkis.   
 3Mengintegrasikan potensi, kenunggulan dan budaya daerah setempat   
 ERumusan Kegiatan Pembelajaran   
 1Menjabarkan aktifitas peserta didik dalam proses pembelajaran sesuai dengan IPK   
 2Dikembangkan mengacu pada tingkatan kompetensi pada IPK (hasil pemetaan SK/KD)   
 3Urutan kegiatan pembelajaran sesuai dengan urutan tingkatan kompetensi pada IPK   
 4Mengimplementasikan inovasi pembelajaran (metode/model) sesuai dengan tututan KD   
  Mencantumkan pembelajaran TM, PT dan KMTT sesuai dengan tuntutan KD   
 FRumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)   
 1IPK sesuai dengan hasil pemetaan SK/KD pada Standar Isi   
 2Kata Kerja Operasional (KKO) pada IPK tidak melebihi tingkatan KKO dalam KD   
 3Setiap KD dikembangkan menjadi ≥ 3 KKO   
 4KKO mencakup ranah kompetensi afektif, kognitif dan psikhomotor, sesuai tuntutan KD.   
 GRumusan Penilaian   
 1Mencantumkan bentuk dan jenis penilaian yang dikembangkan berdasarkan IPK.   
 2Bentuk dan jenis penilaian mencakup ranah  kompetensi afektif, kognitif dan psikhomotor, sesuai tuntutan KD.   
 HRumusan Alokasi Waktu   
 1Mencantumkan alokasi  KD untuk setiap KD sesuai  dengan hasil pemetaan SK/KD pada standar isi   
 2Mengacu pada jumlah minggu efektif belajar dan alokasi yang tercantum dalam struktur kurikulum.   
 IRumusan Sumber Belajar   
 1Mencantumkan berbagai jenis sumber belajar (buku, laporan hasil penelitian, jurnal, majalah ilmiah, kajian pakar bidang studi, situs-situs internet, multimedia, lingkungan, dan narasumber.   
 2Mengacu pada hasil pemetaan SK/KD, materi pembelajaran  dan kegiatan pembelajaran   
IILAMPIRAN   
 1.Silabus seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal   
  
  • Silabus semua mata pelajaran kelas X
   
  
  • Silabus semua mata pelajaran kelas XI program yang dilaksanakan
   
  
  • Silabus semua mata pelajaran kelas XII program yang dilaksanakan
   
  
  • Silabus muatan lokal kelas X
   
  
  • Silabus muatan lokal kelas XI program yang dilaksanakan
   
  
  • Silabus muatan lokal kelas XII program yang dilaksanakan
   
 2Laporan Hasil analisis Konteks   
 3Contoh  hasil penentuan KKM (satu mata pelajaran)   









Rekomendasi Petugas Validasi/Verifikasi untuk Dokumen II dan Lampiran:

—————————————————————————————————————————————————-

—————————————————————————————————————————————————-

—————————————————————————————————————————————————-

—————————————————————————————————————————————————-

—————————————————————————————————————————————————-

—————————————————————————————————————————————————-



Petugas Validasi/Verifikasi
—————–
Share this article :

0 Komentar:

Total Pageviews

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PORTAL KAMPUNGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template