Headlines News :
Home » » Reaksi Radikal Bebas

Reaksi Radikal Bebas

Written By Unknown on Apr 1, 2010 | Thursday, April 01, 2010


Radikal Bebas

Radikal bebas adalah atomatau senyawa yang kehilangan pasangan elektronnya. Sebagai contoh, atomoksigen (O2) yang normal mempunyai 4 (empat) pasang elektron. Prosesmetabolisme sehari-hari yang merupakan proses biokimia yang menyebabkanterbentuknya radikal bebas yang bersifat sementara karena dengan cepatdiubah menjadi senyawa yang tidak berbahaya bagi tubuh. Tetapi bilaterjadi reaksi dalam tubuh yang berlebihan maka akan terjadi perampasanelektron oksigen tersebut sehingga menjadi tidak berpasangan dan atomoksigen menjadi radikal bebas yang berusaha mengambil elektron darisenyawa lain sehingga terjadi reaksi berantai

Pembentukan Radikal Bebas Dalam Tubuh
Bagaimanaradikal bebas dapat terbentuk merupakan pertanyaan yang mendasar.Radikal bebas dapat masuk dan terbentuk ke dalam tubuh melalui :

A.  Melalui Pernafasan
Saatkita melakukan pernafasan akan masuk oksigen (O2) yang sangatdibutuhkan oleh tubuh untuk proses pembakaran gula menjadi CO2, H2O danenergi. Dalam hal ini O2 sangat berperan karena bila tidak ada O2proses kehidupan akan tidak lancar dan membahayakan bagi tubuh kitasendiri. Tetapi dengan bernafas atau oksigen yang berlebihan saatolahraga terjadi reaksi yang kompleks dalam tubuh dan menghasilkanproduk-produk sampingan berupa radikal bebas yaitu radikal oksigensinglet, radikal perosida lipid, radikal hidroksil, radikalsuperoksida. Semua radikal bebas oksigen ini sangat cepat merusakjaringan-jaringan sel.
Agak aneh bila dikatakan bahwa oksigen adalahpemasok radikal bebas sebab oksigen adalah senyawa yang sangat kitabutuhkan. Meskipun demikian oksigen juga berperan dalam memasukkanradikal bebas ketika kita bernafas. Saat kita menghirup udara terpolusioleh asap rokok dan asap pembakaran bensin mobil dapat memicuterbentuknya radikal bebas seperti radikal oksigen singlet, yang dapatmerusak jaringan paru. Di samping itu adanya radiasi matahari/kosmis,juga berbahaya.

B.  Kondisi Lingkungan Yang Tidak Sehat
Adanyaasap rokok, pembakaran tidak sempurna dari kendaraan bermotor, bahanpencemar, radiasai matahari, dan radiasi kosmis menyebabkan timbulnyaradikal bebas karena terjadi proses oksidasi yang tidak sehat danmenimbulkan serentetan mekanisme reaksi.

C.  Makanan Berlemak
 Lemaksangat bermanfaat bagi tubuh kita tetapi konsumsi lemak yang berlebihankhususnya konsumsi lemak polyunsaturated dan lemak hydrogenasi sangatberpotensi menghasilkan radikal bebas.
Lemak polyunsaturated, lemakini disebut juga lemak tidak jenuh artinya lemak yang mempunyai ikatanrangkap pada atam C-nya. Adanya ikatan rangkap tersebut mudah sekalidioksidasi atau terserang peroksidasi lipid membentuk radikal peroksidalipid.  Makanan yang banyak mengandung lemak polyunsaturated antaralain mayones, saos salad, akan mudah sekali terserang radikal bebas.
Lemakhidrogenasi, adalah lemak yang ikatan rangkap tak jenuhnya telahdisubtitusi dengan hidrogen, lemak ini disebut margarin atau mentegatiruan. Banyak manfaat dari margarin yang terbuat dari minyak nabatiatau tumbuh-tumbuhan, rasanya enak, bau sedap dan kebanyakan orangpercaya mengkonsumsi margarin akan menjadi lebih sehat dibanding denganmentega dari susu hewan. Jenis lemak hidrogenasi sangat berbahayakarena dapat mengubah kemampuan serap selaput sel sehinggamengakibatkan fungsi selaput sel sebagai pelindung menjadi tidakberarti. Hingga saat ini masih banyak yang belum menyadari bahaya lemakhidrogenasi. Hal ini dapat dilihat semakin banyaknya orang mengkonsumsimakanan-makanan olahan, seperti kue tart, makanan ringan dengan amatlahapnya.

Bagaimana Radikal Bebas Merusak Organ Tubuh Kita Yang Berakibat Fatal

A.  Penyakit Jantung Koroner (PJK)
Penyakitjantung koroner atau disingkat PJK menjadi silent killer nomor satu.Hal ini disebabkan karena molekul besar lemak yang disebut LDL atau lowdensity lipoprotein teroksidasi antara lain oleh radikal bebas. LDLyang teroksidasi akan mengendap di pembuluh darah jantung sehinggamenjadi sempit dan aliran darah terganggu dan sebagian sel-sel jantungtidak cukup makanan dan mati.

B. Penyakit kanker
Kankerseperti telah diuraikan di atas disebabkan oleh adanya serangan radikalbebas pada DNA dan RNA dalam sel sehingga terjadi pertumbuhan danperkembangan sela yang abnormal yang menyebabkan kerusakan jaringan.Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa hampir 80-90%penyakit kanker disebabkan oleh lingkungan, 10-20% faktor genetik atauturunan dan juga virus. Faktor lingkungan yang tidak sehat yang kitahirup seperti pembakaran kendaraan bermotor, asap rokok menyebabkansekitar 40% dan asupan makanan sekitar 25-30% dan udara di mana kitatinggal sebesar 10%.
Mengapa timbul kanker karena dalam tubuh kitaterdapat senyawa penyebab timbulnya kanker atau karsinogen dan yangpaling berbahaya adalah hidrokarbon aromatik yang paling dikenal adalah3,4-benzperena yang timbul akibat pembakaran yang tidak sempurna. Adajuga jenis lain karsinogenik yaitu amina aromatik. Dua diantaranyaadalah b-naftilamina dan benzidena yang pernah digunakan di industrizat warna, demikian juga bahan pewarna aminazo yang berwarna kuning.

C. Penyakit katarak
Kerusakanprotein akibat elektronnya diambil oleh radikal bebas dapatmengakibatkan sel-sel jaringan dimana protein tersebut berada menjadirusak yang banyak terjadi adalah pada lensa mata sehingga menyebabkankatarak.

D.  Penyakit Degeneratif
Penyakit degeneratif ataukemerosotan fungsi tubuh disebabkan antara lain karena asam lemak takjenuh dalam jaringan sel terserang dengan radikal bebas sehinggaterjadi reaksi antar sel dan menghasilkan senyawa peroksida yangmerusak sel.

E. Proses Ketuaan
Dalam tubuh sebenarnya adaenzim yang dapat menangkal radikal bebas akan tetapi karena ulahmanusia mengakibatkan reaksi enzimatis tidak pernah mencapai 100%.Akibat dari kerusakan jaringan ini secara pelan-pelan menyebabkanelastisitas kolagen merosot dan kulit menjadi keriput dan timbulbintik-bintik pigmen kecoklatan.
Sumber: http://antioxidantcentre.com 

Share this article :

0 Komentar:

Total Pageviews

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PORTAL KAMPUNGAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template